Adempiere (dieja ah-DEHM-pyeh-reh), adalah proyek yang diprakarsai komunitas
untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan
menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice
resource planning (ERP), customer
relationship management (CRM), dan suplay
chain management (SCM). Proyek ADempiere didirikan bulan September 2006
sebagai tindak lanjut ketidak sepakatan para pengembang compiere dengan
perusahaan komersil dibelakangnya : Compiere inc. Pengembang proyek
ADempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek
compiere.
Nama “adem” berasal dari bahasa Itali dengan arti untuk memenuhi (to
fulfill) tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas yakni menyelesaikan (to
complete), pencapaian (reach), pelaksanaan/berlatih (practice),
menampilkan kemampuan/kewajiban (perform the duties of), atau tanpa
biaya (free) ini juga berarti penghargaan dan penghormatan.
Perbedaan
Adempieredibandingkan dengan produk Open Source lainnya? Ada diantaranya :
1.
Adempiere adalah aplikasi Open Source berbasis MDA yaitu
Model Driven Architecture, sebutan lainnya
Adempiere Application Dictionary, yang telah diakui sebagai salah satu
cara mengembangkan aplikasi paling modern. Data Dictionary, dimana kita bisa
melakukan “ Customizable” tanpa melakukan “coding”. Fungsi ini hanya ada pada
SAP, Oracle ERP atau software ERP canggih dan mahal lainnya.
2.
The Multis adalah kemampuan Adempiere dalam multi-currency,
multi-language, multi-organization, multi-accounting, multi-costing dan
multi-taxes.
3.
Adempiere mudah di “Upgrade” tanpa mengubah data inti hanya
memindahkan beberapa data tambahan agar link.
4.
Adempiere digerakan di atas software/aplikasi Java, yang kita
tahu semua kalau Java sangat “compitible” dengan OS yang beredar dipasaran.
Seperti Windows (2000,XP*,Vista,Win 7,Win 8), Linux (Suse,Red
Hat,CentOS,Debian/Ubuntu,FreeBSD), Mac OS, ataupun Unix (Open Solaris).
5.
Adempiere adalah aplikasi open source lengkap yang saling
terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory,
Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence.
Adempiere juga dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis
di setiap departemen/cabang sehingga memungkinkan mereka saling berbagi
informasi dan berkomunikasi, hanya dengan menghubungkan pada server yang sama.
Dari keunggulan ini, maka sangat direkomendasikan menginstall
aplikasi Adempiere dalam bisnis proses perusahaan anda, terutama perusahaan
baru. Tanpa resiko dan yang terpenting tanpa biaya..
Tidak ada komentar:
Posting Komentar