Kamis, 23 Januari 2014

TUGAS ERP ke-3 INSTALL ADEMPIERE



Adempiere (dieja ah-DEHM-pyeh-reh), adalah proyek yang diprakarsai komunitas untuk mengembangkan dan mendukung solusi bisnis sumber terbuka dengan menyedikan fungsionalitas sebuah enterprice resource planning (ERP), customer relationship management (CRM), dan suplay chain management (SCM). Proyek ADempiere didirikan bulan September 2006 sebagai tindak lanjut ketidak sepakatan para pengembang compiere dengan perusahaan komersil dibelakangnya : Compiere inc. Pengembang proyek ADempiere adalah murni open source menggunakan kode basis seputar proyek compiere.
Nama “adem” berasal dari bahasa Itali dengan arti untuk memenuhi (to fulfill) tapi dalam hal ini memberi makna lebih luas yakni menyelesaikan (to complete), pencapaian (reach), pelaksanaan/berlatih (practice), menampilkan kemampuan/kewajiban (perform the duties of), atau tanpa biaya (free) ini juga berarti penghargaan dan penghormatan.
Perbedaan Adempieredibandingkan dengan produk Open Source lainnya? Ada diantaranya :
1.      Adempiere adalah aplikasi Open Source berbasis MDA yaitu Model Driven Architecture, sebutan lainnya  Adempiere Application Dictionary, yang telah diakui sebagai salah satu cara mengembangkan aplikasi paling modern. Data Dictionary, dimana kita bisa melakukan “ Customizable” tanpa melakukan “coding”. Fungsi ini hanya ada pada SAP, Oracle ERP atau software ERP canggih dan mahal lainnya.
2.      The Multis adalah kemampuan Adempiere dalam multi-currency, multi-language, multi-organization, multi-accounting, multi-costing dan multi-taxes.
3.      Adempiere mudah di “Upgrade” tanpa mengubah data inti hanya memindahkan beberapa data tambahan agar link.
4.      Adempiere digerakan di atas software/aplikasi Java, yang kita tahu semua kalau Java sangat “compitible” dengan OS yang beredar dipasaran. Seperti Windows (2000,XP*,Vista,Win 7,Win 8), Linux (Suse,Red Hat,CentOS,Debian/Ubuntu,FreeBSD), Mac OS, ataupun Unix (Open Solaris).
5.      Adempiere adalah aplikasi open source lengkap yang saling terintegrasi antara sistem Accounting, Finance, Sales, Purchasing, Inventory, Customer Relationships Management, Web Store, dan Business Intelligence. Adempiere juga dapat men-sinkronisasi dan mengoordinasi seluruh proses bisnis di setiap departemen/cabang sehingga memungkinkan mereka saling berbagi informasi dan berkomunikasi, hanya dengan menghubungkan pada server yang sama.

Dari keunggulan ini, maka sangat direkomendasikan menginstall aplikasi Adempiere dalam bisnis proses perusahaan anda, terutama perusahaan baru. Tanpa resiko dan yang terpenting tanpa biaya..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar